Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan

9 views

KulTwit.Info – Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan, Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan

Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan

Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan

Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan. Menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat adalah bisa dilakukan dengan cara istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup ini dihasilkan dari aktifitas anda ketika tidur. Ini juga merupakan aktifitas mengistirahatkan sebagian besar organ tubuh dari kelelahan dalam rutinitas. Idealnya tidur atau mengistirahatkan tubuh anda di malam hari maksimal dilakukan dalam 8 jam per hari. Sehingga memberikan tubuh anda merelaksasikan organ-organ tubuh. Jika kurang atau lebih dari 8 jam juga tidak baik untuk tubuh, maka diwajibkan menemukan kenyaman dalam tidur untuk mendapatkan kualitas tubuh yang sehat.  

Ternyata kualitas tidur yang nyaman ini ditunjang dari posisi tidur yang menjadikan tubuh setelah tidur menjadi kembali lebih fit dan berenergi. Sehingga mampu menyelesaikan tugas-tugas yang dikerjakan setiap harinya. Posisi tubuh dalam tidur ternyata bisa membuat tubuh sehat, khususnya bagi tulang sebagai penopang tubuh agar tetap kuat dan sehat. Lalu bagaimana posisi tubuh yang benar saat anda tidur, simak penjelasannya. 

Posisi Tidur yang Benar

Tidur Terlentang
Ini adalah posisi yang mana sebagian besar orang melakukan manfaat posisi tidur telentang dalam tidur. Berbagai macam manfaat pun bisa didapat dari posisi tidur yang telentang. Dimana posisi yang sejajar antara kepala leher dan punggung akan meluruskan tulang punggung. Sehingga bisa juga mengurangi resiko sakit leher, keriput dan bermanfaat bagi wanita dalam menjaga bentuk payudara. Apalagi diimbangi dengan penggunaan bantal, sebaiknya yang dilakukan adalah tidak menggunakan batal untuk bisa mengoptimalkan lurusnya tulang punggung.  
Tidur Miring
Posisi tidur miring ke kanan atau ke kiri memiliki manfaatnya masing-masing. Seperti pada saat tubuh miring ke kiri khususnya bagi ibu hamil bisa melancarkan peredaran darah. Tapi untuk yang tidak hamil tidur miring ke kiri bisa menghambat sistem kerja jantung karena dijadikan penopang berat badan. Sebaiknya posisi tidur untuk posisi miring dilakukan kearah kanan, yang mana bermanfaat untuk mengurangi beban jantung, membuat lambung beristirahat, dan meredakan nyeri kala perut mengalami gangguan. Manfaat selanjutnya membantu sistem pencernaan, dimana membantu buang air besar di pagi hari. Tidur dengan posisi miring ke kanan juga mampu membantu proses penyerapan zat gizi, dan membantu pernafasan agar bisa lebih bebas bernafas, jika pernafasan lancar maka akan berpengaruh juga pada kesehatan paru-paru.
Tidur Tengkurap
Posisi tidur tengkurap bisa memberikan solusi terbaik bagi anda yang memiliki masalah tidur mendengkur. Karena jantung dan paru-paru ditekan hingga tidak menghasilkan suara dengkuran. Tapi karena tekanan dan dorongan antara tubuh dan kasur tempat tidur maka ini juga akan membut anda sulit bernafas. Payudara pun akan tertekan yang menimbulkan sakit saat bangun. Belum lagi posisi kepala akan sulit untuk bergerak bebas ke kiri dan ke kanan akan membuat leher nyeri saat bangun di pagi hari. Maka sebaiknya tidur dengan posisi tengkurap tidak dilakukan terlalu sering.
Tidur Meringkuk
Posisi tidur jenis meringkuk yang mana lutut dan dada didekatkan pada dagu. Biasanya tidur meringkuk dilakukan seseorang saat dalam cuaca yang dingin. Memang tidur seperti ini bisa menghangatkan, tapi tidak baik untuk kesehatan. Karena akan memberikan peregangan pada otot yang kemudian menjadi kaku. Maka saat bangun anda akan merasakan nyeri disekitaran leher. Posisi ini juga sebaiknya dihindari karena bisa juga menghambat pernafasan karena meringkuk membuat dada tidak bisa bernafas dengan bebas. Untuk dunia kecantikan juga dapat memberikan kerutan di wajah dan kendurnya payudara pada wanita. 
Semoga informasi terkait posisi tidur yang benar untuk menjaga kesehatan ini bisa bermanfaat.  Dengan posisi tidur yang nyaman diharapkan bisa memberikan kualitas tidur yang baik, yang pada intinya bukan kuantitas jumlah jam tidur yang diperbanyak. Sehingga dengan kualitas tidur yang baik akan memberikan manfaat yang baik pula bagi kesehatan.  Baca juga Manfaat buah apel bagi kesehatan.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan berguna untuk anda.

Leave a reply "Posisi Tidup yang Benar untuk Menjaga Kesehatan"