Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui

8 views

KulTwit.Info – Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui, Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui

Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui

Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui
Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui. Kulit manusia adalah lapisan luar dari tubuh. Pada manusia kulit adalah organ terbesar dari sistem yang menutupi. Kulit memiliki beberapa lapisan jaringan ectodermal dan penjaga otot-otot yang mendasarinya seperti tulang, ligament, dan organ.
Tidak semua kulit yang kita miliki adalah kulit yang sehat, penyakit kulit dapat menyerang siapa saja, tidak peduli seseorang tersebut terlihat cantik atau bersih sekalipun. Penyakit kulit adalah penyakit yang sangat mengganggu. Penyebab utama dari timbulnya penyakit ini adalah faktor internal yaitu kesehatan dari diri kita sendiri, selain itu faktor eksternal juga mempengaruhi dalam timbulnya penyakit kulit seperti kecantikan, misalnya dalam pemakaian kosmetik dalam jangka waktu yang panjang.
Kulit merupakan bagian dari tubuh yang secara langsung akan terlihat, sehingga ketika kita menderita penyakit kulit, mungkin kita akan merasa malu. Dan terkadang sebagian orang telah merasakan gejala-gejala yang timbul tetapi tidak mengetahui jenis penyakit kulit tersebut, dan terkadang dianggap sebagai gatal-gatal biasa. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan mengenenai macam-macam penyakit kulit yang harus diketahui oleh kita.

Penyakit Kulit yang Harus Diketahui

Jerawat
Jerawat dapat disebut sebagai penyakit kulit. Menurut penelitian, kurang lebih 80% penelitian dari semua manusia dulu telah mempunyai jerawat. Penyakit kulit yang satu ini disebabkan oleh bakteri yang yang tumbuh dikulit serta menghubungkan poro-pori dengan kelenjar minyak dibawah kulit. Jaerawat tidak hanya tumbuh pada wajah, tetpi dapat juga tumbuh pada bagian lain seperti leher, punggung, perut, dan lain-lain. Jerawat batu dan jerawat yang sudah meradang merupakan contoh dari salah satu satu jenis penyakit kulit yang sangat menyeramkan dan berkembang secara cepat apabila tidak melakukan penyembuhan pada step awal kemunculannya.
Kanker Kulit
Penyebab utama dari kanker kulit adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkontrol didalam jaringan pada kulit. Ciri dari kanker kulit adalah terdapat bentuk yang melingkar pada kulit yang berbentuk kecoklatan. Penyakit kulit ini apabila tidak cepat untuk diobati, maka sel-sel kanker ini akan menyebar ke organ-organ lain seperti kelenjar getah bening, tulang, jaringan lunak dan lain-lain.
Campak
Penyebab utama dari penyakit campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus yang berkembang dalam sel di daerah tenggorokan dan paru-paru. Penyakit yang satu ini, sangat mudah sekali menular secara cepat melalui media udara ketika penderita campak batuk atau bersin. Gejala-gejala yang timbul dari penyakit ini yaitu akan merasakan demam, batuk, hidung yang sering berair, dan akan muncul ruam-ruam pada kulit yang merupakan puncak dari penyakit campak ini. Apabila tidak segera diobati dan diberi perawatan khusus maka dapat menyebabkan komplikasi salah satunya adalah pembengkakan otak.
Hemangioma
Hemangioma adalah pertumbuhan daging atau kulit yang berupa benjolan tetapi bukan kanker, yang tumbuh karena pertumbuhan jaringan darah abnormal. Penyebab tumbuhnya hemangioma bukan karena faktor luar tetapi bisa jadi orang yang menderita hemangioma berkembang sebelum orang tersebut lahir atau ketika masih didalam kandungan. Biasanya penyakit ini muncul diatas kulit kepala yang berupa benjolan kecil menyerupai kutil.
Bisul
Bisul adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus aureus yang melewati folikel pada rambut, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat. Selain faktor tersebut, beberapa penyebab lain yang menjadi munculnya bisul adalah kurangnya menjaga kebersihan badan secara teratur, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetik yang dapat menyumbat pori-pori, serta penggunaan obat-obatan kimia. Gejala yang ditimbulkan oleh munculnya bisul yaitu berbentuk berupa benjolan yang terlihat memerah dan dapat membesar serta berisi dengan nanah. Selain itu juga bisul dapat menimbulkan rasa panas yang dan berdenyut-denyut.
Bagian tubuh yang biasanya menjadi tempat tumbunya bisul yaitu bagian yang lembab seperti pada lipatan paha, leher, ketiak, dan juga kepala.
Herpes Stomatitis
Stomatitis adalah pembengkakan didalam mulut yang biasanya terjadi pada bagian gusi, lidah, bibir, dan pipi bagian dalam. Penyebab stomatitis adalah disebabkan oleh infeksi virus Herpes Symplex. Penyakit kulit ini pada umumnya menyerang anak-anak umur 6 bulan hingga 5 tahun.
Kudis
Kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit tungau yang akan menyebabkan rasa gatal karena sarcoptes scabiel. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit kudis ini yaitu rasa gatal yang sangat hebat dan biasanya terjadi pada malam hari pada saat anda tidur, terlebih lagi pada bagian sela-sela jari kaki, tangan, dibawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebgainya. Kudis dapat meular secara cepat dengan cara bersentuhan kulit secara langsung dengan kulit penderita kudis. Selain itu juga melalui baju yang digunakan secara bergantian dengan orang mempunyai penyakit kudis.
Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit dimana kondisi gangguan kulit kronis yang ditandai dengan bercak merah tebal yang terkadang menyerupai sisik pada kulit. Biasanya tumbuh di bagian belakang bawah kepala.
Hives  atau Gatal Alergi
Hives adalah munculnya rasa gatal yang disertai dengan timbulnya benjolan-benjolan kecil pada kulit yang biasanya berwarna merah dan akan terasa sakit ketika disentuh. Pada umumnya, penyebab dari hives ini biasanya disebabkan oleh reaksi terhadap pengobatan, benda dan makanan yang menyebabkan iritasi pada kulit.
Impetigo
Impetigo merupakan kondisi kulit yang sangat cepat menular. Penyakit kulit ini biasanya muncul pada bagian wajah, leher, dan tangan dari anak-anak atau bayi yang baru lahir. Ciri yang timbul adalah terdapat beberapa bintik kecil yang meradang pada bagian tertentu berwarna merah dan biasanya diteruskan dengan kondisi kelainan dan infeksi kulit lain. Pada umumnya, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah 2 atau 3 minggu.
Demikian penjelasan mengenai macam-macam penyakit kulit yang harus diketahui, apabila anda merasakan gejala-gejala yang menyerupai salah satu penyakit kulit diatas. Segera lakukan pengobatan.Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bagi anda yang mempunyai masalah pada gigi baca artikel ini Mengobati Sakit Gigi dengan Cara Tradisional.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui berguna untuk anda.

Leave a reply "Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Di ketahui"