Dampak Buruk dari Minum Kopi

11 views

KulTwit.Info – Dampak Buruk dari Minum Kopi, Dampak Buruk dari Minum Kopi

Dampak Buruk dari Minum Kopi

Dampak Buruk dari Minum Kopi
Dampak Buruk dari Minum Kopi. Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai baik pria maupun wanita, kebanyakan orang alasan mereka memiliki kebiasaan minum kopi adalah untuk mengurangi rasa lelah dan tetap fokus pada saat bekerja. Memang ada beberapa manfaat positif dari mengkonsumsi kopi, akan tetapi ternyata kopi juga menimbulkan dampak negatif apabila telah menjadi kebiasaan dalam waktu jangka panjang. Bagi para pecinta kopi, hal pertama yang paling penting untuk kita ketahui bahwa kandungan yang terdalam dalam kopi yaitu kafein, dan apabila kandungan kafein tersebut terlalu banyak anda konsumsi dapat menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan anda. Sehingga efek negatif dari minum kopi adalah karena adanya asam kafein dan tannic didalamnya, efek ini akan mulai muncul secara perlahan dan mempengaruhi tubuh. Efek negatif tersebut antara lain seperti detak jantung yang tidak tertaur, gelisah, otot mengejang, dan rasa cemas.

Untuk lebih jelasnya mengenai dampak buruk dari minum kopi, berikut penjelasan efek mengkonsumsi kopi bagi pria maupun wanita.

Dampak Buruk Minum Kopi

Dampak Buruk dari Minum Kopi bagi Wanita
Seperti yang telah kita ketahui bahwa bukan hanya pria saja yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi kopi, tetapi sebagian wanita juga mempunyai kebiasaan yang sama. Konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan wanita. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan dampak buruk dari minum kopi bagi wanita.

Tidak Subur 
Bagi wanita yang yang telah menjadikan kopi sebagai minuman spesial dan minuman sehari-hari, perlu anda ketahui bahwa dengan kita mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita, yang menyebabkan penyakit yang berada pada bagian organ dalam tubuh wanita yaitu Tuba Falopi dan Endometriosis. Penyakit tersebut akan menimbulkan dan menyebabkan ketidaksuburan pada wanita, sehingga hal ini yang menjadikan wanita untuk susah mendapatkan keturunan. Bagi para wanita yang ingin cepat hamil ada baiknya untuk mempertimbangkan hal ini dan menghindari asupan kafein.

Menyebabkan Depresi
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi yang terlalu tinggi akan menyebabkan depresi dan akan menimbulkan mood wanita. Peningkatan kafein ini akan mempengaruhi produksi dopamine dan menciptakan ketergantungan yang sangat tinggi. Sehingga banyak wanita yang memang merasa sulit untuk meninggalkan kebiasaan untuk minum kopi kerena disebabkan oleh peningkatan kafein tersebut. Akan tetapi, selama Anda belum mengkonsumsi kopi maka dopamine akan menurun sehingga akan timbul rasa sedih, tertekan, serta depresi.

PMS (Premenstrual Syndrome)
Bagi para wanita sakit bulanan yang satu ini adalah hal yang memang sudah menjadi kodrat wanita, rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan juga telah menjadi rasa sakit yang terbiasa. PMS memang begitu mengganggu dan menyebabkan mood seorang wanita menjadi naik turun yang tidak karuan. Akan tetpai apakah Anda tahu, bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang membuat sistem metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik. Kafein sendiri menyebabkan dehidrasi sehingga Anda akan merasa resah, mudah terpancing emosi dan merasa tidak nyaman saat menjelang datangnya PMS. Oleh karena itu, bagi yang sedang masa menstruasi hindari segala macam jenis minuman yang mengandung kafein, terutama kopi. Lebih baik Anda perbanyak asupan air putih yang lebih banyak dari biasanya untuk membuat sistem metabolism tubuh tetap berjalan dengan baik.

Osteoporosis 
Menurut studi penelitian sebagian besar manusia yang mendertia osteoporosis adalah wanita, dan pada umumnya bagian tubuh yang menjadi keluhan adalah pada tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki, serta pinggang. Asupan kafein yang berlebih dapat menyebabkan kehilangan kalsium di dalam tubuh.

Gastritis 
Gastritis adalah suatu kondisi dimana terdapat peradangan di dalam perut. Penyebab dari timbulnya penyakit ini adalah beragam, akan tetapi faktor pemicu yang menjadi kondisinya semakin parah yaitu asupan kafein yang dapat diperoleh dari kopi hitam, soft drinks, cokelat atau jenis makanan lain yang dapat meningkatkan asam lambung.

Dampak Buruk dari Kopi bagi Pria 
Bagi kebanyakan orang terutama pria, berikut merupakan dampak buruk dari kopi

Insomnia 
Efek samping yang paling umum dari minum kopi yang terlalu banyak adalah  insomnia atau sulit untuk tidur. Efek ini ditimbulkan karena cara kerja kafein dalam tubuh adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan kecepatan reaksi tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi kopi secara rutin dalam setiap harinya akan membuat pria berubah gaya hidup dan suasana hatinya, termasuk juga waktu tidurnya menjadi berkurang.

Gangguan Kardiovaskular 
Dampak buruk minum kopi yang ditimbulkan dari minum kopi selanjutnya adalah gangguan pada jantung. Gejala pertama yang ditimbulkan yaitu jantung akan terasa berdebar-debar apabila terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat pada otak.

Gangguan Buang Air Kecil 
Salah satu manfaat dari mengkonsumsi kopi adalah menghangatkan tubuh. Pada saat cuaca dingin atau sedang berada di dalam ruangan ber AC, menghangatkan tubuh dengan minum kopi bukanlah salah satu ide yang baik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hawa dingin saja telah menyebab seseorang menjadi lebih sering dari biasanya, karena efek samping dari kafein adalah sebagai diuretik sehingga akan menimbulkan keinginan untuk buang air kecil semakin menjadi sering.

Gangguan Pencernaan 
Dampak buruk selanjutnya yang ditimbulkan dari minum kopi yang terlalu banyak adalah gangguan pada percernaan seperti perut mulas dan rasa mual. Hal ini disebabkan bukan karena kopi yang kita konsumsi sudah kadaluarsa, akan tetapi kafein itu sendiri yang memang meningkatkab produksi asam di lambung. Selain itu banyak senyawa dalam kopi selain kafein yang dapat mengiritasi lapisan pada usus dan pencernaan yang dapat menyebabkan sembelit, diare, kram perut dan maag.

Sakit Kepala 
Efek lain yang ditimbulkan dari seseorang yang telah memiliki kebiasaan minum kopi lebih dari 2 sampai 3 cangkir kopi atau 5 sampai 6 cangkir kopi setiap hari maka efek yang ditimbulkan adalah merasakan sakit kepala karena asupan kafein yang melebihi batas.

Kecanduan 
Kopi meningkatkan tingkat energi untuk jangka pendek. Tapi, setelah anda terbiasa dengan mengkonkumsi kopi setiap harinya, secangkir kopi tidak akan menunjukkan hasi seperti yang sebelumnya. Karena itu, anda akan cenderung minum lebih banyak kopi yang mengembangkan kecanduan. Hal ini juga akan menyebabkan kelelahan adrenal.

Bagi anda yang merasa mempunyai kebiasaan minum kopi dan menghabiskan setidaknya 2 sampai 3 cangkir kopi dalam sehari, lebih baik sekarang setelah Anda mengetahui dampak buruk dari kopi, Anda mungkin akan berfikir dua kali sebelum meminumnya. Saran bagi para penggemar minum kopi yaitu sebaiknya Anda mempertimbangkan dosis asupan kafein yang dianjurkan yaitu 200-300mg per hari. Apabila Anda ingin tetap sehat, hindari asupan kafein yang terlalu banyak ya, karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan akan menghasilkan hal yang buruk dan berdampak negatif. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel lain yang bermanfaat mengenai Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Cacar.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Dampak Buruk dari Minum Kopi, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Dampak Buruk dari Minum Kopi berguna untuk anda.